Pesona Taman Buah Mangunan

Taman buah Mangunan merupakan agro wisata yang terletak di Yogyakarta tepatnya di daerah Imogiri Bantul. Perjalanan kurang lebih memakan waktu sekitar satu jam dari kota Yogyakarta. Tempat wisata tersebut merupakan penangkaran tanaman penghasil buah seperti, rambutan, mangga, jambu dan masih banyak lagi jenis tanaman lain yang dapat dijumpai di taman buah Mangunan.
Perjalanan menuju wisata agro melewati perbukitan terjal yang ada di sepanjang jalan selain itu, tanjakan dan jalan yang berkelok-kelok menambah keasrian alam Mangunan. Sebelum sampai ke tujuan wisata sejenak kita melewati makam Raja Imogiri yang menyimpan sejuta nilai budaya dan kesakralan yang masih di junjung tinggi oleh masyarakat Yogyakarta.
Taman buah Mangunan juga memiliki sejuta pesona keindahan alam, karena letaknya yang berada di perbukitan kita dapat melihat keindahan panorama di gardu pandang yang sengaja di sediakan untuk para pengunjung Taman buah mangunan. Monyet merupakan fauna yang dilestarikan di daerah ini. Hewan tersebut berkoloni dengan jumlah yang cukup banyak dapat diliat di pagi hari dan waktu senja. Pemandangan yang indah akan dijumpai di sekeliling gardu pandang. Terdapat sungai yang menyerupai ular raksasa apabila dilihat dari kejauhan selain itu, kita dapat memantau keadaan mangunan dan daerah sekitarnya.
Dengan area tanah yang cukup luas Mangunan juga digunakan sebagai bumi perkemahan dan camping yang dilakukan mahasiswa maupun para pelajar. Mangunan sangat berpotensi untuk di jadikan kawasan wisata alam.

oleh : Kurnia Fatma Adwi

Tinggalkan komentar